Kamis, 02 Oktober 2014

Buah- buahan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes


Buah sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, jika kita banyak mengonsumsi buah, maka tubuh kita akan sehat. Namun tahukah kalian? Bagi penderita diabetes tidak semua buah bisa dikonsumsi, ada beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi dan ada beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi penyakit diabetes. Kali ini saya akan membahas tentang buah-buahan yang baik dan menyehatkan untuk penderita diabetes.

APEL
Apel merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes, hal ini dikarenakan kandungan gulanya yang rendah, sehingga jika dikonsumsi secara rutin, tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah penderita diabetes. Selain itu apel juga mengandung zat quersetin yang dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit gula darah dan jantung. Inilah yang menjadikan alasan mengapa buah apel aman dikonsumsi penderita diabetes dan sangat menyehatkan tubuh penderita tersebut.


JERUK
Jeruk juga merupakan salah satu buah yang pantas untuk dikonsumsi penderita penyakit diabetes. Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, selain itu jeruk juga bermanfaat sebagai salah satu antioksidan paling efektif dalam menangkal serangan radikal bebas. Sama halnya dengan apel, jeruk juga mempunyai kandungan kadar gula yang rendah, sehingga jika dikonsumsi setiap hari, tidak akan menambah lonjakan gula dalam darah penderita diabetes.



ALPUKAT
Seperti halnya apel dan jeruk, alpukat juga bermanfaat dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu alpukat juga memiliki kandungan gula yang sangat rendah sehingga bila dikonsumsi setiap hari justru akan menjaga kestabilan kadar gula darah. Selain kandungan kadar gulanya yang rendah, alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat efektif untuk pelepasan kadar gula ke dalam aliran darah.


PIR
Buah pir juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, seperti halnya apel, jeruk dan alpukat, buah pir juga memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah penderita diabetes. Buah pir juga mengandung kadar serat yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Buah pir mengandung kadar air yang tinggi yang dapat membantu mengikis kelebihan gula dalam darah, sehingga kelebihan gula tersebut dapat dibuang melalui urin. Kandungan air dalam buah pir juga berguna untuk mengganti cairan tubuh penderita yang hilang akibat intensitas buang air kecil.



Itu beberapa buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, selain buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes, ada juga buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes. Diantaranya adalah buah pisang, mangga, nanas, sirsak, durian dan nangka. Keenam buah tersebut mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dikhawatirkan malah akan menambah kadar gula dalam darah penderita diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar