Kamis, 02 Oktober 2014

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan


Seringkah anda makan buah manggis ? atau mungkin anda tidak suka makan buah manggis ? tahukah anda ternyata selain buahnya, kulit manggis pun memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, apakah itu? Artikel kali ini akan membahas tentang apa saja manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh kita semua.

Dalam buah manggis, terutama dalam kulitnya, ternyata mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi dan 10 kali lipat lebih tinggi daripada buah- buahan lainnya. Aktioksidan itu adalah Xanthone, zat antioksidan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan mampu melindungi sel – sel tubuh dari pengaruh radikal bebas penyebab berbagai penyakit yang berbahaya untuk tubuh manusia. Ternyata kulit manggis juga dicari oleh para ahli dan dijadikan ekstraknya untuk dijadikan bahan baku herbal untuk menangani berbagai penyakit seperti penyakit kanker, penyakit darah tinggi, diabetes, prostat, penyakit paru- paru, ginjal dan lain-lain.


Maka dari itu buah manggis dikenal dengan sebutan “Ratu Buah” sebagai pasangan durian si “Raja Buah”. Kita kadang sering mengonsumsi manggis bagian dalamnya saja dan kita membuang kulitnya begitu saja. Padahal kulit manggis itu mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Di bawah ini ada beberapa manfaat dari kulit buah manggis untuk kesehatan tubuh kita, yaitu diantaranya adalah

a)    Meringankan kulit yang kemerah- merahan
b)    Membantu menurunkan kadar gula yang tinggi di dalam darah
c)    Memperkuat sistem kekebalan tubuh
d)    Menyembuhkan peradangan
e)    Meringankan wasir
f)    Memperbaiki komunikasi antar sel dalam tubuh
g)    Alat bantu dari sinergi tubuh
h)    Menggagalkan kerusakan DNA
i)    Menyeimbangkan sistem kelenjar edokrin
j)    Menyembuhkan kerusakan urat saraf
k)    Membantu menurunkan berat badan
l)    Mengurangi resitensi insulin
m)    Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok
n)    Alat bantu sistem getah bening

Nah itulah beberapa manfaat dari kulit manggis, ternyata kita tidak pernah menyadarinya bahwa kulit manggis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan tubuh kita. Tanpa kita sadar kita sering mengabaikannya dan membuang kulit manggis begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar