Jumat, 03 Oktober 2014

Cara Memelihara Kelinci Yang Baik

Pasti diantara kalian banyak yang menyukai kelinci bukan ? selain karena kelucuannya kelinci juga merupakan salah satu hewan peliharaan yang menguntungkan. Namun banyak juga diantara kita yang tidak peka dalam memelihara kelinci, mungkin karena tidak tahu bagaimana cara yang baik untuk memeliharanya. Nah, berikut ini saya akan paparkan bagaimana cara merawat kelinci yang baik dan benar.





1.    Disarankan, jika ingin membeli kelinci, jangan membeli kelinci anakan di bawah umur 2 bulan. Itu akan mengakibatkan kelinci mudah mati karena kekebalan tubuhnya rentan.

2.    Kelinci di bawah umur 3 bulan sangat rawan dibawa pergi jauh melewati 100 km perjalanan.

3.    Jangan percaya kelinci tidak boleh dikasih air minum. Semua makhluk hidup butuh air minum, terlebih kelinci anakan yang baru saja dipisahkan dari induknya.

4.    Jangan percaya bahwa kelinci kebutuhan air minumnya cukup dari rumput, sebab rumput layu kadar airnya sangat minim sementara kebutuhan untuk melancarkan pencernaan dengan air dan kebutuhan kencing sangat banyak. Air putih matang atau mentah sangat dibutuhkan kelinci.

5.    Kangkung bukan pakan terbaik. Setiap pohon berjenis berbambu berpotensi menyimpan gas. Jangan terkecoh pada kesukaan kelinci. Kelinci suka kangkung karena lapar dan tidak ada pakan lain. Kalau sudah lapar apapun jadi.

6.    Kangkung dan kubis menyimpan potensi gas yang tinggi dan mengakibatkan air kencing bau (amoniak).

7.    Jangan percaya bahwa musim hujan banyak mengakibatkan kematian. Bukan soal musim hujannya, tetapi kelembaban dan kebersihan yang jadi masalah. Kalau bisa ditangani secara baik dijamin tidak akan banyak kematian.

8.    Pakan kelinci adalah rumput. Anak kelinci di bawah 3 bulan lebih cocok rumput ketimbang pelet. 

9.    Kuku kelinci harus sering dibersihkan, karena jika tidak kelinci akan mudah terkena penyakit, salah satunya penyakit kudis.

10.    Wortel yang bersih sangat baik bagi Kelinci Anakan maupun kelinci dewasa. Gizi wortel tinggi sehingga anakan kelinci pun sangat perlu memakan wortel. Jangan pernah memberi makan wortel yang sudah disimpan terlalu lama, karena itu tidak baik untuk kesehatan kelinci

11.    Jangan percaya bahwa kelinci anakan bisa dibawa pergi jauh. Itu akan membuat kelinci lebih mudah stress

12.    Jangan percaya air membuat kelinci mati. Bukan airnya yang membuat mati, melainkan karena penyakit. Penyakit kelinci yang ditimbulkan oleh bakteri atau kuman bisa muncul dari mana saja. Termasuk air. Pastikan air itu bersih. Kalau kena kotoran segera ganti yang bersih.

13.    Jangan membawa kelinci di perjalanan dengan kardus sebab kardus menimbulkan panas dan sumpek. Banyak kejadian kelinci pada mati. Kalaupun hidup hanya beberapa hari selanjutnya mati karena pengaruh banyak hal,seperti misalnya stres.

Nah itu dia beberapa cara untuk merawat kelinci, pastikan anda lebih telaten dan rajin lagi dalam memelihara hewan peliharaan anda itu.

1 komentar:

  1. Mantab ini mas, saya coba bisnis kelinci tapi sering gagal. Saya coba ikuti tipsnya ini ya..

    Tutorialhijabers.com

    BalasHapus